9 Elements Of Brand : Hal Penting dalam Membangun Branding

 

9 Elements Of Brand



Brand atau merk adalah sebuah tanda pengenal untuk sebuah produk atau perusahaan. Sedangkan branding adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan komunikasi dengan konsumen dan membentuk citra dari produk ataupun tempat usaha tersebut.

Peranan brand sangat penting untuk sebuah produk, karena berkaitan dengan pandangan atau nilai yang muncul di benak konsumen tentang produk yang di pasarkan.

 

Brand berkaitan dengan 3 hal

a.       Align (Mengarahkan)

b.      Engage (Mengajak)

c.       Inform (Memberi tahu)

 


        Ada 9 Elements yang membangun sebuah Brand :

 

1.     Brand Perception

 

Tujuan nya untuk membangun persepsi di pikiran konsumen, karena dalam Brand Persepsi lebih penting dari kenyataan. Setelah standar tercapai produk hanyalah titisan dari persepsi yang menjadi kenyataan.

Brand Perception berkerja memberikan gambaran Who are we? Whats Our Story? dan Whats The Dream?. Jika sebuah produk sudah memiliki brand perception yang bagus, produk yang di pasarkan juga bisa melekat di konsumen.


 

2.     Brand Connect

 

Tujuan nya adalah untuk memberikan kesan ke konsumen bahwa brand ini memiliki hubungan kesamaan dengan apa yang dirasakan atau agar konsumen merasa bahwa “ini produk gue banget!!”.

Bradn Connect fokus pada emosi pembeli dan membangun “Connected Feeling”. Karena kesamaan emosional yang terjadi bisa mengalahkan fitur dan manfaat dalam hal yang mudah diingat oleh konsumen.

 


3.     Brand Stories

 

Brand Stories digunakan karena sebuah cerita mudah diingat dan lebih menyentuh hati customer, tinggal bagaimana sebuah cerita di buat untuk memberikan brand yang mengena di hati customer. Seperti Hotel majapahit yang membawa brand stories tentang kerajaan majapahit atau wisata alam gunung tangkuban perahu yang memiliki brand stories tentang legenda tangkuban perahu.

 


4.     Brand Icons

 

Brand Icons berkaitan dengan logo, nama, dan tagline dari sebuah produk. Logo yang dibuat untuk sebuah produk harus memiliki maksud atau arti yang menggambarkan produk tersebut. Juga pemilihan nama yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Tujuan nya agar konsumen mengetahui produk dan penasaran lalu melakukan pencarian informasi tentang produk.

 

 

5.     Brand Rituals

 

Brand Rituals adalah ritual atau kegiatan yang di brandingkan untuk sebuah produk. bertujuan agar konsumen melakukan suatu hal kecil dengan produk yang ditawarkan. Seperti iklan oreo yang menggunakan Brand Rituals “Diputar, Dijilat, Dicelupin” yang tujuan nya agar konsumen mudah mengingat produk tersebut.

 

 

6.     Brand Language

 

Brand Languge adalah bahasa-bahasa yang digunakan untuk memberikan ciri khas dari sebuah produk. Contoh Produk Nike yang menggunakan Brand Language “Just Do it !” dan seperti Brand Language “Like and Subscribe” dalam sebuah karya konten kreator untuk memberikan branding pada sang konten kreator maupun untuk platform Youtube yang digunakan.

 

 

7.     Brand Luxury

 

Brand Luxury memberikan kesan kemewahan terhadap produk, memberikan hal-hal penting dan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada konsumen setelah menggunakan produk. Contoh nya seperti air mineral dengan produk San Pellegrino yang mampu mengubah kebutuhan dasar manusia yang dinilai biasa, menjadi terkesan mewah dan mampu di jual dengan harga yang mahal karena menggunakan Brand Luxury yang tepat.

 

 

8.     Brand Touch Point

 

Berkaitan dengan promosi produk dan pembentukan brand dengan menggunakan media promosi yang tepat. Pembentukan tersebut mencakup hal-hal yang bisa dilihat atau perlu diketahui oleh konsumen, sehingga media promosi tidak hanya dari kemasan dan media promosi, tapi juga bisa menggunakan public relation untuk publikasi.

 

 

9.     Brand Luck

 

Brand Luck adalah branding dari sebuah produk yang memunculkan kesan beruntung jika memiliki produk tersebut, bisa karena produk tersebut langka, limited edition, ataupun karena produk tersebut dikhususkan untuk kalangan tertentu saja.

 




Demikian Pembahasan Kali ini, Terima Kasih, Semoga Bermanfaat. Follow and Share informasi ini agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.



Kunjungi Pembahasan lainnya :

        1.     9 Element Of Marketing Lengkap

        2.     Dasar - dasar Perpajakan

 



“Tidak ada yang salah dari tiap-tiap langkah, penyesalan lahir dari mereka yang berdiam diri”

steplangkah.blogspot.com

 

إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم