Sosial Media Marketing
Semakin berkembangnya sosial media tentu juga membawa perubahan di berbagai
bidang salah satunya adalah kegiatan Marketing. Kegiatan memasarkan produk
dengan menggunakan fitur sosial media atau media internet lainnya dikenal
sebagai Digital Marketing. Ada beberapa fitur dari berbagai sosial media yang
bisa digunakan untuk memasarkan produk :
1.
Facebook
Facebook
merupakan salah satu sosial media yang paking banyak pengguna di seluruh dunia.
Menurut data yang disampaikan pada pers online, pihak facebook mengklaim
pengguna di seluruh dunia pada tahun 2020 menyentuh angka 3,3 Miliar dan
sedangkan untuk indonesia menembus 140 Juta menurut hasil laporan Tren Digital
bekerja sama dengan YouGov.
Fitur Facebook
yang bisa digunakan untuk Digital Marketing adalah Facebook Ads (https://www.facebook.com/business/)
. Facebook Ads adalah fitur iklan berbayar memungkinkan produk maupun konten
kita di munculkan di linimasa pengguna sesuai target pasar yang kita tentukan
pada saat melakukan pendaftaran Facebook Ads. Fitur ini dijalankan sesuai
dengan sistem dan algoritma facebook yang memungkinkan kita memilih kriteria
target market sesuai dengan usai maupun kebiasannya.
Ada beberapa
jenis iklan Facebook atau Facebook Ads :
a.
Page Post Engagement
b.
Page Likes
c.
Click to Website
d.
Website Conversion
e.
Event Responses
f.
App/Install Engagement
2. Twitter
Twitter
merupakan salah satu sosial media yang juga banyak digunakan di Indonesia
maupun dunia. Media sosial twitter dikenal sebagai media untuk saling bertukar
pendapat antar pengguna nya tentang suatu hal atau permasalahan, oleh karena
itu banyak bisnis yang menggunakan kesempatan itu untuk promosi brand atau
produk yang mereka bawa.
Selain itu
twitter sendiri memiliki fitur untuk periklanan yaitu Twitter Ads (https://ads.twitter.com/). Ada beberapa jenis
iklan pada Twitter Ads :
a.
Promoted Tweets
b.
Promoted Accounts
c.
Promoted Trends
d.
Automated ads
3.
Instagram
Instagram adalah sosial media yang berfokus pada foto dan video, dan diestimasi memiliki 1 miliar pengguna. Sosial media ini memiliki fitur untuk melakukan pengiklanan yaitu Instagram Ads (https://business.instagram.com/) . fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasarkan produk yang dimiliki. Karena Instagram yang berfokus pada foto dan video, pengiklanan dengan memanfaatkan visual tentu sangat dianjurkan jika menggunakan sosial media instagram.
Ada beberapa
jenis iklan instagram yang bisa disesuaikan dengan keperluan bisnis
a.
Iklan Foto (Photo Ads)
b.
Iklan Video (Video Ads)
c.
Iklan Carousel (Carousel Ads)
d. Iklan Cerita (Stories Ads)
4.
Youtube
Selain dikenal
sebagai platform berbagi video, youtube juga bisa digunakan sebagai media
digital marketing yaitu Youtube Ads (https://www.youtube.com/ads/)
. Dengan jumlah pengguna yang besar yakni hampir 2 miliar orang, youtube
membuka peluang para pebisnis untuk memasarkan produk nya.
Ada beberapa
jenis iklan youtube yang bisa digunakan
a.
Display Ads
b.
Non-Skippable Video Ads
c.
Skippable Video Ads
d.
Bumper Ads
e. Midroll Ads
5.
Blog atau
Website
Strategi lain
yang bisa digunakan untuk digital marketing adalah dengan menggunakan blog atau
website. Ada banyak platform untuk membuat sebuah blog, contoh nya adalah
Tumblr, Joomla, dan Medium. Namun yang paling terkenal dan banyak digunakan
adalah blogger dan wordpres. Dalam sebuah blog kamu bisa memasukan apa saja dan
tentunya kamu juga bisa menuliskan promosi produk mu di dalam blog. Namun kamu
juga perlu mempelajari tentang SEO atau Search Engine Optimization agar blog
yang kamu buat bisa muncul di halaman pencarian google.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat. Follow and Share informasi
ini agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.
Kunjungi Link
1. 9 Elements Of Marketing : Pembuatan Strategi Pemasaran
2. 9 Elements Of Brand : Hal Penting dalam Membangun Branding
“Tidak ada yang salah dari tiap-tiap langkah, penyesalan
lahir dari mereka yang berdiam diri”
steplangkah.blogspot.com