9 Elements Of Brand
Brand atau merk
adalah sebuah tanda pengenal untuk sebuah produk atau perusahaan. Sedangkan
branding adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan
komunikasi dengan konsumen dan membentuk citra dari produk ataupun tempat usaha
tersebut.
Peranan brand sangat
penting untuk sebuah produk, karena berkaitan dengan pandangan atau nilai yang
muncul di benak konsumen tentang produk yang di pasarkan.
Brand berkaitan dengan 3 hal
a.
Align
(Mengarahkan)
b.
Engage
(Mengajak)
c.
Inform (Memberi
tahu)
Ada 9 Elements yang membangun
sebuah Brand :
1. Brand Perception
Tujuan nya untuk membangun persepsi
di pikiran konsumen, karena dalam Brand Persepsi lebih penting dari kenyataan.
Setelah standar tercapai produk hanyalah titisan dari persepsi yang menjadi
kenyataan.
Brand Perception berkerja
memberikan gambaran Who are we? Whats Our Story? dan Whats The Dream?. Jika
sebuah produk sudah memiliki brand perception yang bagus, produk yang di
pasarkan juga bisa melekat di konsumen.
2. Brand Connect
Tujuan nya adalah untuk memberikan
kesan ke konsumen bahwa brand ini memiliki hubungan kesamaan dengan apa yang
dirasakan atau agar konsumen merasa bahwa “ini produk gue banget!!”.
Bradn Connect fokus pada emosi
pembeli dan membangun “Connected Feeling”. Karena kesamaan emosional yang
terjadi bisa mengalahkan fitur dan manfaat dalam hal yang mudah diingat oleh
konsumen.
3.
Brand Stories
Brand Stories digunakan karena
sebuah cerita mudah diingat dan lebih menyentuh hati customer, tinggal
bagaimana sebuah cerita di buat untuk memberikan brand yang mengena di hati
customer. Seperti Hotel majapahit yang membawa brand stories tentang kerajaan
majapahit atau wisata alam gunung tangkuban perahu yang memiliki brand stories
tentang legenda tangkuban perahu.
4.
Brand Icons
Brand Icons berkaitan dengan logo,
nama, dan tagline dari sebuah produk. Logo yang dibuat untuk sebuah produk
harus memiliki maksud atau arti yang menggambarkan produk tersebut. Juga
pemilihan nama yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Tujuan nya agar konsumen
mengetahui produk dan penasaran lalu melakukan pencarian informasi tentang
produk.
5.
Brand Rituals
Brand Rituals adalah ritual atau
kegiatan yang di brandingkan untuk sebuah produk. bertujuan agar konsumen
melakukan suatu hal kecil dengan produk yang ditawarkan. Seperti iklan oreo
yang menggunakan Brand Rituals “Diputar, Dijilat, Dicelupin” yang tujuan nya
agar konsumen mudah mengingat produk tersebut.
6.
Brand Language
Brand Languge adalah bahasa-bahasa
yang digunakan untuk memberikan ciri khas dari sebuah produk. Contoh Produk
Nike yang menggunakan Brand Language “Just Do it !” dan seperti Brand Language
“Like and Subscribe” dalam sebuah karya konten kreator untuk memberikan
branding pada sang konten kreator maupun untuk platform Youtube yang digunakan.
7.
Brand Luxury
Brand Luxury memberikan kesan
kemewahan terhadap produk, memberikan hal-hal penting dan memberikan pengalaman
yang luar biasa kepada konsumen setelah menggunakan produk. Contoh nya seperti
air mineral dengan produk San Pellegrino yang mampu mengubah kebutuhan dasar
manusia yang dinilai biasa, menjadi terkesan mewah dan mampu di jual dengan
harga yang mahal karena menggunakan Brand Luxury yang tepat.
8.
Brand Touch Point
Berkaitan dengan promosi produk dan
pembentukan brand dengan menggunakan media promosi yang tepat. Pembentukan
tersebut mencakup hal-hal yang bisa dilihat atau perlu diketahui oleh konsumen,
sehingga media promosi tidak hanya dari kemasan dan media promosi, tapi juga
bisa menggunakan public relation untuk publikasi.
9.
Brand Luck
Brand Luck adalah branding dari sebuah produk yang memunculkan kesan beruntung jika memiliki produk tersebut, bisa karena produk tersebut langka, limited edition, ataupun karena produk tersebut dikhususkan untuk kalangan tertentu saja.
Demikian Pembahasan Kali ini, Terima Kasih, Semoga Bermanfaat. Follow and Share informasi
ini agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.
Kunjungi Pembahasan lainnya :
1. 9 Element Of Marketing Lengkap
“Tidak ada yang salah dari tiap-tiap langkah, penyesalan
lahir dari mereka yang berdiam diri”
steplangkah.blogspot.com