Digital Marketing Menggunakan Sosial Media

Sosial Media Marketing

 

           Semakin berkembangnya sosial media tentu juga membawa perubahan di berbagai bidang salah satunya adalah kegiatan Marketing. Kegiatan memasarkan produk dengan menggunakan fitur sosial media atau media internet lainnya dikenal sebagai Digital Marketing. Ada beberapa fitur dari berbagai sosial media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk :

 


1.    Facebook



Facebook merupakan salah satu sosial media yang paking banyak pengguna di seluruh dunia. Menurut data yang disampaikan pada pers online, pihak facebook mengklaim pengguna di seluruh dunia pada tahun 2020 menyentuh angka 3,3 Miliar dan sedangkan untuk indonesia menembus 140 Juta menurut hasil laporan Tren Digital bekerja sama dengan YouGov.

Fitur Facebook yang bisa digunakan untuk Digital Marketing adalah Facebook Ads (https://www.facebook.com/business/) . Facebook Ads adalah fitur iklan berbayar memungkinkan produk maupun konten kita di munculkan di linimasa pengguna sesuai target pasar yang kita tentukan pada saat melakukan pendaftaran Facebook Ads. Fitur ini dijalankan sesuai dengan sistem dan algoritma facebook yang memungkinkan kita memilih kriteria target market sesuai dengan usai maupun kebiasannya.

Ada beberapa jenis iklan Facebook atau Facebook Ads :

a.       Page Post Engagement

b.      Page Likes

c.       Click to Website

d.      Website Conversion

e.      Event Responses

f.        App/Install Engagement

 



2.    Twitter

Twitter merupakan salah satu sosial media yang juga banyak digunakan di Indonesia maupun dunia. Media sosial twitter dikenal sebagai media untuk saling bertukar pendapat antar pengguna nya tentang suatu hal atau permasalahan, oleh karena itu banyak bisnis yang menggunakan kesempatan itu untuk promosi brand atau produk yang mereka bawa.

Selain itu twitter sendiri memiliki fitur untuk periklanan yaitu Twitter Ads (https://ads.twitter.com/). Ada beberapa jenis iklan pada Twitter Ads :

a.       Promoted Tweets

b.      Promoted Accounts

c.       Promoted Trends

d.      Automated ads

 


3.    Instagram



Instagram adalah sosial media yang berfokus pada foto dan video, dan diestimasi memiliki 1 miliar pengguna. Sosial media ini memiliki fitur untuk melakukan pengiklanan yaitu Instagram Ads (https://business.instagram.com/) . fitur ini memungkinkan  pengguna untuk memasarkan produk yang dimiliki. Karena Instagram yang berfokus pada foto dan video, pengiklanan dengan memanfaatkan visual tentu sangat dianjurkan jika menggunakan sosial media instagram.

Ada beberapa jenis iklan instagram yang bisa disesuaikan dengan keperluan bisnis

a.       Iklan Foto (Photo Ads)

b.      Iklan Video (Video Ads)

c.       Iklan Carousel (Carousel Ads)

d.      Iklan Cerita (Stories Ads)

 


4.    Youtube


Selain dikenal sebagai platform berbagi video, youtube juga bisa digunakan sebagai media digital marketing yaitu Youtube Ads (https://www.youtube.com/ads/) . Dengan jumlah pengguna yang besar yakni hampir 2 miliar orang, youtube membuka peluang para pebisnis untuk memasarkan produk nya.

Ada beberapa jenis iklan youtube yang bisa digunakan

a.       Display Ads

b.      Non-Skippable Video Ads

c.       Skippable Video Ads

d.      Bumper Ads

e.      Midroll Ads

 


5.    Blog atau Website



Strategi lain yang bisa digunakan untuk digital marketing adalah dengan menggunakan blog atau website. Ada banyak platform untuk membuat sebuah blog, contoh nya adalah Tumblr, Joomla, dan Medium. Namun yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah blogger dan wordpres. Dalam sebuah blog kamu bisa memasukan apa saja dan tentunya kamu juga bisa menuliskan promosi produk mu di dalam blog. Namun kamu juga perlu mempelajari tentang SEO atau Search Engine Optimization agar blog yang kamu buat bisa muncul di halaman pencarian google.


Terima Kasih, Semoga Bermanfaat. Follow and Share informasi ini agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.

 

Kunjungi Link

1.        9 Elements Of Marketing : Pembuatan Strategi Pemasaran

2.        9 Elements Of Brand : Hal Penting dalam Membangun Branding





“Tidak ada yang salah dari tiap-tiap langkah, penyesalan lahir dari mereka yang berdiam diri”

steplangkah.blogspot.com

 

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post