9 Element
Of Marketing
Marketing
adalah suatu sistem kegiatan yang digunakan untuk melakukan pemasaran produk
mulai dari menentukan harga, merencanakan strategi promosi dan mendistribusikan
produk agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.
Ada 9 Element yang digunakan dalam Marketing
1.
Segmentation
(Segmentasi)
Segmentation
(segmentasi) adalah suatu kegiatan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang
memiliki kebutuhan berbeda berdasarkan, karakteristik, perilaku dan kebiasaan.
Tujuan dilakukannya segmentation adalah
a.
Memfokuskan alokasi sumber daya yang ada
b.
Sebagai dasar menentukan strategi, taktik, dan
value
c.
Faktor kunci mengalahkan pesaing (kompetitor)
Segmentasi dibagi menjadi 4
jenis
A. Segmentasi Geografis
Yaitu
segmentasi berdasarkan letak geografis konsumen, (Daerah, populasi, kepadatan,
dan iklim)
B. Segmentasi Demografis
Yaitu
segmentasi yang ditentukan berdasarkan pada informasi demografi dari konsumen,
(Usia, Gender, ras, tingkat pendidikan, agama, dan pekerjaan).
C. Segmentasi Behavioral
Yaitu segmentasi
yang ditentukan berdasarkan perilaku konsumen, (manfaat yang dicari, volume
penggunaan, dan loyalitas terhadap produk).
D. Segmentasi Psikografis
Yaitu
segmentasi yang ditentukan berdasarkan pola pikir konsumen, (berkaitan dengan
keinginan, nilai, ketertarikan, tujuan dan pilihan gaya hidup).
2.
Targeting
Targeting adalah
tahap dimana menentukan target pasar yang tepat untuk produk sesuai dengan
segmentasi target market yang telah di buat. Kriteria menentukan segmen pasar
yang tepat;
a.
Ukuran pasar
b.
Pertumbuhan pasar
c.
Keunggulan kompetitif
d.
Situasi persaingan
Langkah-langkah menentukan
targeting
1.
Menentukan kelompok-kelompok pembeli
2.
Menentukan manfaat utama yang dicari kelompok
pembeli pada suatu produk (apa yang sebenarnya diinginkan).
3.
Positioning
Positioning
adalah upaya untuk memunculkan persepsi tentang suatu produk dalam benak
customer. Artinya bagaimana perusahaan menempatkan produk di benak konsumen.
Contoh Positioning produk sebagai :
1.
Kualitas tebaik
2.
Layanan terbaik
3.
Harga termurah
4.
Manfaat terbesar
5.
Teknlogi paling mutakhir ,dll
4.
Differentiation
Differentiation
(diferensiasi) adalah menentukan perbedaan dari produk yang akan di pasarkan
dengan produk pesaing. Differentiation berkaitan dengan Positioning, jika
positioning adalah janji yang harus ditepati, maka differentiation adalah cara
memenuhi janji itu. Diferensiasi harus sesuai dengan positioning yang ingin
dicapai agar konsumen tidak merasa kecewa karena over promise and under
delivered.
Ada 3 Elemen Differentiation
1. Content (apa yang ditawarkan)
Memberikan
diferensiasi (perbedaan) yang jelas dan mencolok, hingga terlihat jauh lebih
menarik dari produk sejenis.
2. Context (bagaimana penyajiannya)
Produk mungkin bisa sama, tapi
cara penyajian nya bisa memberikan nilai yang berbeda di mata konsumen.
3. Enabler (Infrastruktur)
Baik Content maupun Context
harus didukung dengan teknologi, fasilitas, SDM, dan sumber daya lainnya.
5.
Marketing
Mix
Marketing Mix
(bauran pemasaran) adalah strategi yang terdiri dari kombinasi unsur atau
variabel yang merupakan inti dari pemasaran. Variabel tersebut bisa
dikendalikan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.
Marketing Mix
terdiri dari 4P ;
1.
Product
Segala sesuatu
yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2.
Price
(Harga)
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau
barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa.
3.
Place (tempat atau distribusi)
Place adalah tempat atau saluran distribusi untuk bisa mendapatkan
produk yang di pasarkan.
4.
Promotion (promosi)
Promosi adalah suatu upaya mengkomunikasikan produk, baik memberikan
informasi tentang produk maupun mengajak untuk menggunakan produk. Tujuan nya
adalah agar konsumen menggunakan produk yang di promosikan.
6.
Selling
Selling adalah aktivitas menjual produk atau jasa. Dalam proses
penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu
komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Selling
adalah taktik untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan
melalui produk perusahaan.
7.
Brand
Brand atau merk adalah sebuah tanda
pengenal untuk sebuah produk atau perusahaan. Sedangkan branding adalah
aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan komunikasi dengan
konsumen dan membentuk citra dari produk ataupun tempat usaha tersebut.
Ada 9 elemen dalam Brand;
1. Brand Perception
2. Brand Connect
3. Brand Stories
4. Brand Icon
5. Brand Ritual
6. Brand Language
7. Brand Luxury
8. Brand Touch Point
9. Brand Luck
8. Service
Service adalah pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Service dalam elemen marketing adalah apa yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada konsumen. Service berfungsi untuk memberikan pelayanan solusi saat itu, peningkatan nilai, dan menciptakan pelayanan yang sulit dilupakan.
Pengaturan pelayanan dari service;
1. Reliable : memenuhi janji yang ditawarkan pada positioning
2. Responsive : memenuhi kebutuhan konsumen
3. Assurance : didukung oleh kemampuan SDM
4. Emphathy : adanya sentuhan emosi sehingga customer merasa dipahami
5. Tangible : Didukung penampilan fisik yang menarik.
9. Process
Proses adalah
cerminan langsung dari Quality, Cost, dan Delivery dari sebuah bisnis terhadap
customer nya.
Good Quality adalah hasil dari Good Process,
In – Time Delivery, dan Efficient Costing.
Proses bisa dipandang dari proses penciptaan produk, (meaning, designing, dan making) , maupun proses delivery nya ke customer.
Terima Kasih, Semoga bermanfaat. Follow dan Share jika menurut kalian informasi ini bermanfaat untuk orang banyak.
"Tidak ada yang salah dari tiap-tiap langkah, Penyesalan lahir dari mereka yang
berdiam diri"
steplangkah.blogspot.com