9 Element Of Marketing : Pembuatan Strategi Pemasaran

9 Element Of Marketing

 


            Marketing adalah suatu sistem kegiatan yang digunakan untuk melakukan pemasaran produk mulai dari menentukan harga, merencanakan strategi promosi dan mendistribusikan produk agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Ada 9 Element yang digunakan dalam Marketing

 

1.     Segmentation (Segmentasi)

 

Segmentation (segmentasi) adalah suatu kegiatan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kebutuhan berbeda berdasarkan, karakteristik, perilaku dan kebiasaan. Tujuan dilakukannya segmentation adalah

a.       Memfokuskan alokasi sumber daya yang ada

b.      Sebagai dasar menentukan strategi, taktik, dan value

c.       Faktor kunci mengalahkan pesaing (kompetitor)


Segmentasi dibagi menjadi 4 jenis

A.      Segmentasi Geografis

Yaitu segmentasi berdasarkan letak geografis konsumen, (Daerah, populasi, kepadatan, dan iklim)

B.      Segmentasi Demografis

Yaitu segmentasi yang ditentukan berdasarkan pada informasi demografi dari konsumen, (Usia, Gender, ras, tingkat pendidikan, agama, dan pekerjaan).

C.      Segmentasi Behavioral

Yaitu segmentasi yang ditentukan berdasarkan perilaku konsumen, (manfaat yang dicari, volume penggunaan, dan loyalitas terhadap produk).

D.      Segmentasi Psikografis

Yaitu segmentasi yang ditentukan berdasarkan pola pikir konsumen, (berkaitan dengan keinginan, nilai, ketertarikan, tujuan dan pilihan gaya hidup).

 


2.     Targeting

Targeting adalah tahap dimana menentukan target pasar yang tepat untuk produk sesuai dengan segmentasi target market yang telah di buat. Kriteria menentukan segmen pasar yang tepat;

a.       Ukuran pasar

b.      Pertumbuhan pasar

c.       Keunggulan kompetitif

d.      Situasi persaingan


Langkah-langkah menentukan targeting

1.       Menentukan kelompok-kelompok pembeli

2.       Menentukan manfaat utama yang dicari kelompok pembeli pada suatu produk (apa yang sebenarnya diinginkan).

 


3.     Positioning

Positioning adalah upaya untuk memunculkan persepsi tentang suatu produk dalam benak customer. Artinya bagaimana perusahaan menempatkan produk di benak konsumen.

Contoh Positioning produk sebagai :

1.       Kualitas tebaik

2.       Layanan terbaik

3.       Harga termurah

4.       Manfaat terbesar

5.       Teknlogi paling mutakhir ,dll

 


4.     Differentiation

Differentiation (diferensiasi) adalah menentukan perbedaan dari produk yang akan di pasarkan dengan produk pesaing. Differentiation berkaitan dengan Positioning, jika positioning adalah janji yang harus ditepati, maka differentiation adalah cara memenuhi janji itu. Diferensiasi harus sesuai dengan positioning yang ingin dicapai agar konsumen tidak merasa kecewa karena over promise and under delivered.

               Ada 3 Elemen Differentiation

1.       Content (apa yang ditawarkan)

Memberikan diferensiasi (perbedaan) yang jelas dan mencolok, hingga terlihat jauh lebih menarik dari produk sejenis.

2.       Context (bagaimana penyajiannya)

Produk mungkin bisa sama, tapi cara penyajian nya bisa memberikan nilai yang berbeda di mata konsumen.

3.       Enabler (Infrastruktur)

Baik Content maupun Context harus didukung dengan teknologi, fasilitas, SDM, dan sumber daya lainnya.

 


5.     Marketing Mix

Marketing Mix (bauran pemasaran) adalah strategi yang terdiri dari kombinasi unsur atau variabel yang merupakan inti dari pemasaran. Variabel tersebut bisa dikendalikan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.


Marketing Mix terdiri dari 4P ;


1.       Product

Segala sesuatu yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

2.       Price (Harga)

Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa.

3.       Place (tempat atau distribusi)

Place adalah tempat atau saluran distribusi untuk bisa mendapatkan produk yang di pasarkan.

4.       Promotion (promosi)

Promosi adalah suatu upaya mengkomunikasikan produk, baik memberikan informasi tentang produk maupun mengajak untuk menggunakan produk. Tujuan nya adalah agar konsumen menggunakan produk yang di promosikan.

 

 

6.     Selling

 

Selling adalah aktivitas menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Selling adalah taktik untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui produk perusahaan.

 


7.     Brand

 

Brand atau merk adalah sebuah tanda pengenal untuk sebuah produk atau perusahaan. Sedangkan branding adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan komunikasi dengan konsumen dan membentuk citra dari produk ataupun tempat usaha tersebut.

 

Ada 9 elemen dalam Brand;

1.       Brand Perception

2.       Brand Connect

3.       Brand Stories

4.       Brand Icon

5.       Brand Ritual

6.       Brand Language

7.       Brand Luxury

8.       Brand Touch Point

9.       Brand Luck

            Klik link : Penjelasan 9 Elements Of Branding Lengkap 


8.     Service

 

Service adalah pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Service dalam elemen marketing adalah apa yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada konsumen. Service berfungsi untuk memberikan pelayanan solusi saat itu, peningkatan nilai, dan menciptakan pelayanan yang sulit dilupakan.

 

Pengaturan pelayanan dari service;

 

1.       Reliable : memenuhi janji yang ditawarkan pada positioning

2.       Responsive : memenuhi kebutuhan konsumen

3.       Assurance : didukung oleh kemampuan SDM

4.       Emphathy : adanya sentuhan emosi sehingga customer merasa dipahami

5.       Tangible : Didukung penampilan fisik yang menarik.

 


9.     Process

 

Proses adalah cerminan langsung dari Quality, Cost, dan Delivery dari sebuah bisnis terhadap customer nya.

Good Quality adalah hasil dari Good Process, In – Time Delivery, dan Efficient Costing.

Proses bisa dipandang dari proses penciptaan produk, (meaning, designing, dan making) , maupun proses delivery nya ke customer.







Terima Kasih, Semoga bermanfaat. Follow dan Share jika menurut kalian informasi ini bermanfaat untuk orang banyak.


"Tidak ada yang salah dari tiap-tiap langkah, Penyesalan lahir dari mereka yang

berdiam diri"

steplangkah.blogspot.com

إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم