Perbedaan
Sales & Marketing
A. Definisi
Sales : merupakan kegiatan yang hanya fokus pada penjualan,
dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja
Marketing : kesuluruhan sistem atau kegiatan yang bertujuan merencanakan
produk, menetapkan harga, mempromosikan produk serta mendistribusikan produk
guna untuk memuaskan pelanggan.
Sales/Selling adalah penjualan
Target nya
adalah Jualannya
Marketing adalah pemasaran
Targetnya
adalah pasar atau orang
Seorang
Penjual = SALESMAN
Seorang
Pemasar = MARKETER
Selling : Proses penjualan lebih fokus memuaskan individu
dan yang terpenting produk laku
Marketing : Sebuah proses memuaskan keinginan dan kebutuhan
manusia (lebih luas)
B. Orientasi
Bagian Penjualan berorientasi Pada :
Pencapaian target penjualan bulan atau kuartal yang
diajalani.
Memikirkan kebutuhan jangka pendek.
Mementingkan individu pelanggan, karena individu yang ambil
keputusan
Selalu menganggap tugas lapangan lebih penting daripada
tugas kantor.
Bagian Pemasaran berorientasi Pada :
Perencanaan Laba, bukan hanya menghasilkan penjualan tapi
mencari jalan se efisien mungkin.
Memikirkan kebutuhan jangka panjang
Memikirkan jenis pelanggan yang luas , segmentasi pasar, dan
berusaha memenuhi kebutuhan pengguna dg produknya
Membentuk sistem yang baik untuk analisis pasar, perencanaan
dan kontrol pasar.
C. Strategi
Marketing :
Secara umum menggunakan strategi 4P
Product (produk) : kegitan menentukan, merancang dan membuat
produk
Price (harga) : menentukan harga yang akan diberikan pada
konsumen
Place (tempat) : menentukan tempat agar konsumen bisa
mendapatkan produk, termasuk distribusi
Promotion(promosi) : kegitan memberikan informasi dan
mengajak konsumen membeli produk melalui iklan, direct selling, CRM (hubungan
masyarakat), dll.
Sales :
Strategi sales tidak mementingkan untuk menjaga image brand
produk, namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara
menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli
produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah memikirkan
apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah produknya laku
terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.
D. Hubungan dengan konsumen
Selling Memiliki Jangka Waktu Pendek
Hubungan sales dengan konsumen hanya sampai proses transaksi
jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik
dengan konsumen.
Marketing Memiliki Jangka Waktu Panjang
Karena targetnya tidak perlu membeli produk yang ditawarkan hari ini, tapi orang bisa ngomong ttg produk yang anda tawarkan hari ini. Hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.
Demikian perbedaan Sales dan Marketing mulai dari Definisi, Orientasi, Strategi dan Hubungan dengan konsumen. Semoga bermanfaat.
"Tidak ada yang salah dari setiap langkah, penyesalan lahir dari mereka yang berdiam diri"
-Steplangkah-