Perbedaan Sales & Marketing - (Definisi, Orientasi, Strategi dan hubungan dengan konsumen)

Perbedaan Sales & Marketing

 (Definisi, Orientasi, Strategi dan hubungan dengan konsumen)

A.      Definisi

Sales : merupakan kegiatan yang hanya fokus pada penjualan, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja

Marketing : kesuluruhan sistem atau kegiatan yang bertujuan merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk serta mendistribusikan produk guna untuk memuaskan pelanggan.


Sales/Selling adalah penjualan

Target nya adalah Jualannya


Marketing adalah pemasaran

Targetnya adalah pasar atau orang


Seorang Penjual = SALESMAN

Seorang Pemasar = MARKETER


Selling : Proses penjualan lebih fokus memuaskan individu dan yang terpenting produk laku

Marketing : Sebuah proses memuaskan keinginan dan kebutuhan manusia (lebih luas)

 


B.      Orientasi

Bagian Penjualan berorientasi Pada :

Pencapaian target penjualan bulan atau kuartal yang diajalani.

Memikirkan kebutuhan jangka pendek.

Mementingkan individu pelanggan, karena individu yang ambil keputusan

Selalu menganggap tugas lapangan lebih penting daripada tugas kantor.

 

Bagian Pemasaran berorientasi Pada :

Perencanaan Laba, bukan hanya menghasilkan penjualan tapi mencari jalan se efisien mungkin.

Memikirkan kebutuhan jangka panjang

Memikirkan jenis pelanggan yang luas , segmentasi pasar, dan berusaha memenuhi kebutuhan pengguna dg produknya

Membentuk sistem yang baik untuk analisis pasar, perencanaan dan kontrol pasar.

 


C.      Strategi

Marketing :

Secara umum menggunakan strategi 4P


Product (produk) : kegitan menentukan, merancang dan membuat produk

Price (harga) : menentukan harga yang akan diberikan pada konsumen

Place (tempat) : menentukan tempat agar konsumen bisa mendapatkan produk, termasuk distribusi

Promotion(promosi) : kegitan memberikan informasi dan mengajak konsumen membeli produk melalui iklan, direct selling, CRM (hubungan masyarakat), dll.

 

Sales :

Strategi sales tidak mementingkan untuk menjaga image brand produk, namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.


 

D.      Hubungan dengan konsumen

Selling Memiliki Jangka Waktu Pendek

Hubungan sales dengan konsumen hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen.

 

Marketing Memiliki Jangka Waktu Panjang

Karena targetnya tidak perlu membeli produk yang ditawarkan hari ini, tapi orang bisa ngomong ttg produk yang anda tawarkan hari ini. Hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.


Demikian perbedaan Sales dan Marketing mulai dari Definisi, Orientasi, Strategi dan Hubungan dengan konsumen. Semoga bermanfaat.






"Tidak ada yang salah dari setiap langkah, penyesalan lahir dari mereka yang berdiam diri"

-Steplangkah-

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post